Cara Menghitung Volume Rangka Atap Baja Ringan

Cara Menghitung Volume Rangka Atap Baja Ringan - Dalam pemasangan atap baja ringan ini sangat sensitif jika tidak tepat dalam penghitungan dalam pemasangan ini maka hasilnya akan fatal dan bisa mengakibatkan kegagalan. Maka dari itu dalam pemasangan ini di butuhkan orang yang memang ahli atau pakar dalam pemasangan baja ringan tersebut. Di bawah ini edikit contoh bagaimana cara menghitung Volume Rangka atap baja ringan.
Volume Rangka Atap :
( Panjang bangunan + overstek genteng ) x ( Lebar bangunan + overstek genteng )
Derajat kemiringan genteng ( cos derajat yang diperlukan )
Contohnya:
Panjang bangunan = 9 mtr, Lebar bangunan = 9 mtr.
Overstek 4 sisi = 1 m,
Jadi,
Panjang bangunan = ( 9 + 1 + 1 ) = 11 mtr
Lebar bangunan = ( 9 + 1 + 1 ) = 11 mtr
Derajat kemiringan atap genteng ditentukan adalah 35o  ( cos 35 = 0.819 )
Cara Menghitung Volume Rangka Atap Baja Ringan
VolumeRangka atap :
11 x 11 :0.819 =  147,7 m2

Cara Menghitung Volume Rangka Atap Baja Ringan
Untuk bangunan model atap pelana, volume ini biasanya bisa dimanfaatkan  untuk patokan pembelanjaan banyaknya jumlah genteng yang harus dipesan oleh konsumen kepada toko genteng. 

Tapi tidak untuk model atap limas atau terdapat talang jurai, dikarenakan banyak potongan genteng. Lebih baik jika jumlah genteng dilebihkan beberapa meter dari hitungan volume.
Sekian ulasan artikel cara menghitung volume rangka atap baja ringan ini semoga bermanfaat buat anda dan bisa di jadikan referensi atau bacaan yang bagus untuk anda. Dan jika anda ingin memesan atap baja ringan ini anda bisa menghubungi kami. Terima kasih.